Soko Bisnis

Mendag Budi Promosikan Produk UMKM Lewat Program BINA Lebaran di Sarinah

Kunjungan Mendag Budi Santoso bertujuan untuk mendukung produk dalam negeri, terutama yang dihasilkan pelaku UMKM menjelang momen Ramadan dan Lebaran.

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
06 Maret 2025

Mendag Budi Santoso mengunjungi pusat perbelanjaan tertua di Jakarta, Sarinah, pada Rabu (5/3) dalam rangka mempromosikan Program Belanja di Indonesia Aja (BINA) Lebaran. (Ist/Kemendag)

SOKOGURU, JAKARTA: Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengunjungi pusat perbelanjaan tertua di Jakarta, Sarinah, pada Rabu (5/3) dalam rangka mempromosikan Program Belanja di Indonesia Aja (BINA) Lebaran. 

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mendukung produk dalam negeri, terutama yang dihasilkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), menjelang momen Ramadan dan Lebaran.

Budi Santoso, yang biasa disapa Mendag Busan, mengungkapkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung penuh upaya Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) dalam meningkatkan promosi produk lokal. 

Baca juga: Adaptasi Era Digital, Pelaku UMKM di Penajam Paser Utara Ikuti Program ‘Nge Live Yuk!’

Program BINA Lebaran, yang akan digelar pada 14-30 Maret 2025, bertujuan untuk mendongkrak daya saing produk UMKM di pasar domestik.

"Program BINA Lebaran ini merupakan cara kami untuk mendorong konsumen membeli produk dalam negeri selama Ramadan dan Lebaran, sekaligus mendukung program prioritas Kemendag dalam Pengamanan Pasar Dalam Negeri," ujar Mendag Busan saat memberikan sambutan di Sarinah, Jakarta..

Program ini menghadirkan berbagai promosi menarik, termasuk diskon hingga 70% di pusat perbelanjaan dan area komersial anggota Hippindo. 

Baca juga: Dorong UMKM Tembus Pasar Global, Kemendag dan ERIA Perkuat Kerja Sama

Salah satu kegiatan unggulan adalah Bazar Ramadan yang menghadirkan produk UMKM lokal, bertujuan untuk menarik lebih banyak konsumen untuk berbelanja di pusat perbelanjaan Indonesia selama periode puasa dan Lebaran.

Mendag berharap program ini dapat meningkatkan transaksi ritel yang ditargetkan mencapai Rp36 triliun, serta memperkuat ekonomi nasional dan daya saing produk dalam negeri di pasar global.

"Kami berharap BINA Lebaran dapat menjadi sarana edukasi sekaligus kampanye yang mendorong masyarakat untuk berbelanja dan menggunakan produk lokal," tambahnya.

Baca juga: Dukung Pelaku UMKM, 36 Tenant Kantin Kemendag Raih Sertifikat Halal

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah, Wakil Ketua Umum Hippindo Fetty Kwarty, Sekretaris Jenderal Hippindo Haryanto Pratantara, serta Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Iqbal Shoffan Shofwan.

Sebelumnya, program serupa, BINA Diskon, juga sukses digelar pada akhir 2024, dengan total transaksi mencapai Rp25,4 triliun, meningkat 15% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Dengan peluncuran BINA Lebaran, diharapkan UMKM Indonesia dapat terus berkembang dan berdaya saing di pasar global. (SG-2)